Refreshing Kader dalam Rangka Persiapan Posyandu ILP

ILP merupakan program yang mengintegrasikan berbagai layanan kesehatan primer, seperti promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, sehingga dapat memberikan pelayanan yang komprehensif kepada masyarakat.. Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan . Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.
Posyandu merupakan merupakan salah satu jenis Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan (LKD/K) yang merupakan wadah partisipasi masyarakat yang bertugas membantu kepala desa atau lurah di bidang pelayanan kesehatan dan bidang lainnya sesuai kebutuhan (KMK no. 2015 tahun 2023).


Pelaksanaan posyandu ILP perlu memperhatikan keterampilan kader sehingga perlu terus diperbaharui dengan pelaksanaan refreshing kader. Refreshing kader yang dihadiri oleh 22 Kader dari seluruh Desa di wilayah kerja Puskesmas Taman Krocok, dilaksanakan pada hari Selasa, 6 Agustus 2024 di Aula Puskesmas Taman Krocok.


Zaidar Rahmi M., S.KM selaku Penanggung Jawab program Promosi Kesehatan Puskesmas Taman Krocok memberikan materi mengenai Posyandu ILP dan 25 keterampilan kader. Menurutnya, dalam menyongsong transformasi layanan kesehatan primer, kader perlu memahami secara menyeluruh mengenai keterampilan apa saja yang perlu dimiliki oleh kader.

 


Arum Tri H., Amd. Gizi selaku Penanggung jawab Program Gizi Puskesmas Taman Krocok turut memberikan materi mengenai penimbangan dan pengukuran menggunakan alat antropometri pada seluruh kader yang hadir. 
Kader juga diminta praktek langsung penggunaan alat agar lebih mudah memahami materi yang disampaikan.

 

Share Berita Ini