Posyandu Dusun Bacangan Desa Gentong Kecamatan Taman Krocok

Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, bayi, balita, usia remaja, usia produktif dan lanjut usia.

Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga RT dan RW.

Dusun Bacangan merupakan salah satu Dusun yang menjadi bagian dari Desa Gentong Kecamatan Taman Krocok. Akses desa yang cukup jauh tidak menyurutkan semangat Petugas Kesehatan Desa Gentong dalam memberikan pelayanan posyandu sebulan satu kali. Pelaksanaan Posyandu di Dusun Bacangan pada Rabu, 14 Agustus 2024, melibatkan mahasiswa dari STIT TOGO AMBARSARI Bondowoso yang kebetulan sedang program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Desa Gentong.

Share Berita Ini