Pembinaan Posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer) di Posyandu Teratai 1 Desa Taman

ILP merupakan program yang mengintegrasikan berbagai layanan kesehatan primer, seperti promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, sehingga dapat memberikan pelayanan yang komprehensif kepada masyarakat.. Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan di wilayah masyarakat Desa/Kelurahan . Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat.

Posyandu Teratai 1 Desa Taman merupakah salah satu posyandu yang menjadi percontohan pelaksanaan posyandu ILP di wilayah kerja Puskesmas Taman Krocok. kendati belum sempurna, namun Kader dan Petugas Kesehatan bertekad mengimplementasikan Posyandu ILP mulai bulan Agustus 2024. Hal ini yang menjadi dasar pelaksanaan Pembinaan Posyandu ILP oleh Petugas Promosi Kesehatan Puskesmas Taman Krocok, Zaidar Rahmi M., S.KM dan Lina Gisti Risqillah, S.KM.
 

Pelaksanaan Pembinaan posyandu ILP pada Rabu, 31 Juli 2024 dimulai dengan menjelaskan mengenai apa itu posyandu ILP serta 25 kompetensi kader yang harus dikuasai. Pelaksanaan pembinaan posyandu ini didukung penuh oleh Bidan dan Perawat Desa Taman, Anik Indrawati, Amd. Keb dan Miftahun Nikmah, Amd. Kep.

Menurut Anik, pembinaan ini penting bagi kader untuk dapat mewujudkan pelaksanaan posyandu ILP yang benar agar nantinya dapat memberikan manfaat bagi warga naungan Posyandu Teratai 1 yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan. Nikmah juga turut menambahkan, pembinaan ini dapat meningkatkan kemampuan kader dan akan menjadi bekal untuk pelaksanaan posyandu agar lebih baik kedepannya.

Share Berita Ini