Monitoring dan Evaluasi Mutu Pelayanan UPTD Puskesmas Taman Krocok oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso

Monitoring dan evaluasi (Monev) pelayanan mutu puskesmas adalah kegiatan pengawasan dan pengendalian yang dilakukan untuk memastikan bahwa pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Taman Krocok berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Kegiatan ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian eksternal. Monev pelayanan mutu puskesmas mencakup aspek-aspek berikut: Administratif, Sumber daya, Pencapaian kinerja program,  Teknis pelayanan serta ketersediaan sarana dan prasarana.

Monev pelayanan Mutu di UPTD Puskesmas Taman Krocok dilaksanakan pada Rabu, 18 September 2024 . Dihadiri oleh Tim Dinas kesehatan Kabupaten Bondowoso dipimpin oleh Ibu dr. Titik Erna Erawati, MMKes., selaku Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan 




Kegiatan Monev pelayanan mutu puskesmas bermanfaat bagi puskesmas dan dinas kesehatan, yaitu:

  • Puskesmas dapat menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan fasilitas kesehatan
  • Dinas kesehatan dapat mengetahui kondisi puskesmas untuk perencanaan kegiatan selanjutnya 

Beberapa indikator mutu yang harus terukur di puskesmas, yaitu: Kepatuhan kebersihan tangan, Kepatuhan penggunaan alat pelindung diri, Kepatuhan identifikasi pasien, Keberhasilan pengobatan pasien Tuberkulosis, dan Ibu hamil yang mendapatkan pelayanan ANC sesuai standar.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh dr. Joko Ady Pramono, MMKes selaku kepala UPTD Puskesmas Taman Krocok. Kemudian tim Dinas Kesehatan telusur ke setiap ruangan untuk melakukan pembinaan pelayanan, sember daya manusia serta sarana dan prasarana di UPTD Puskesmas Taman Krocok secara langsung. Selain aspek mutu pelayanan, tim Dinas Kesehatan juga melakukan pembinaan dalam proses pelaksanaan integrasi layanan primer (ILP) di Puskesmas Taman Krocok. Setelah melakukan pembinaan di Puskesmas, tim Dinas Kesehatan menuju ke Pustu dan Ponkesdes di wilayah kerja UPTD Puskesmas Taman Krocokdiantaranya  Pustu Taman yang menjadi percontohan sebagai Pustu ILP dan Pustu Gentong.





Kegiatan Monev ini berlangsung dari jam 09.30 s/d 13.00 WIB dengan lancar. Dengan dilaksanakannya monitoring dan evaluasi mutu pelayanan UPTD Puskesmas Taman Krocok ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan yang lebih baik.



 

 

Share Berita Ini